Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Wanita Hamil

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi kerap terjadi pada masa kehamilan seorang wanita. Penyakit ini tidak hanya mengganggu sang calon ibu namun juga bayi dalam kandungannya. Hipertensi pada wanita hamil  biasanya terjadi pada wanita dengan usia antara 30-40 atau calon ibu muda dengan usia kurang dari 20 tahun. Pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, rokok, stress merupakan pemicu timbulnya hipertensi. Bisa dikatakan hipertensi terjadi ketika tekanan darah berada diatas 140/90 mmHG. Adanya tekanan yang terjadi, bisa merusak dinding arteri pada pembuluh darah. Dua hal penyebab terjadinya hipertensi dibagi menjadi dua yaitu Hipertensi Primer / essensial yang disebabkan oleh pola makan tidak sehat, stress, minuman beralkohol dan merokok. Lalu Hipertensi Sekunder yang disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung dan ginjal.

Hipertensi pada wanita hamil yang paling berbahaya adalah hipertensi Preeklampsia / keracunan kehamilan. Hipertensi yang terjadi karena naiknya tekanan darah yang disebabkan oleh penimbunan cairan secara berlebihan dan dapat diketahui melalui kenaikan berat badan serta terjadinya pembengkakan pada kaki, jari tangan dan wajah. Tanda lain dari preeklampsia adalah terjadinya kenaikan berat badan berkali-kali dalam seminggu.

Tekanan darah tinggi yang dialami oleh wanita hamil mengakibatkan mengecilnya pembuluh darah rahim yang dapat memperlambat aliran nutrien dan oksigen dari ibu ke tubuh bayi sehingga memperlambat pertumbuhan janin. Sebagai cara untuk menekan atau menurunkan tekanan darah tinggi yang terjadi, selain menghindari stres dan menerapkan pola makan sehat, mengkonsumsi makanan seperti, coklat, ikan, jeruk dan pisang juga bisa membantu. Atau melakukan pengobatan melalui tanaman obat seperti juice seledri atau buah belimbing wuluh bisa dijadikan alternatif bagi wanita hamil.

Menerapkan pola makan yang baik dan menghindari konsumsi makanan yang dilarang merupakan cara yang baik untuk mencegah hipertensi pada wanita hamil. Demi lancarnya proses kehamilan serta mendapatkan bayi yang sehat, tak ada salahnya jika anda, para calon ibu mengetahui lebih banyak tentang menjaga kesehatan dalam kehamilan.

Related

Healthy 6802530880176440087

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon



Recent

Popular

Support Kebaya!

item